5 Korupsi Terbesar Di Sepanjang Sejarah Indonesia

5 Korupsi Terbesar Di Sepanjang Sejarah Indonesia

Magzku Berita Terkini - Kamu tahu tidak arti kata Korupsi ? Bila belum tahu, Korupsi adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Korupsi juga merupakan kleptokrasi, yang arti harafiahnya pemerintahan oleh para pencuri, di mana pura-pura bertindak jujur pun tidak ada sama sekali. Tidak hanya uang, korupsi juga bisa berlaku untuk waktu. Namun tentunya perbuatan Korupsi uang merupakan tindakan yang sangat tidak bisa di toleransi.

Pada umunya korupsi yang dilakukan oleh pejabat publik, politis ataupun pegawai negeri. Pastinya sangat tidak terpuji sekali perbuatan seperti itu karena mereka hanya memperkaya diri sendiri dan tidak menghiraukan para rakyatnya. Disini Magzku ingin membahas kasus korupsi yang terjadi di negara kita tercinta yakni Indonesia. Bukan kasus kecil, namun kasus korupsi terbesar yang pernah terjadi di sejarah Indonesia, ayo sama-sama kita simak dibawah ini.

1. KASUS EDY TANSIL. (TOTAL KORUPSI U$D 565 JUTA)

Pria ini sejatinya merupakan seorang pengusaha yang bergerak di bidang keuangan. Namun pada tahun 1996 Edy terbukti menggelapkan uang sebesar U$D 565 Juta bila dikalikan kurs rupiah kala itu adalah Rp. 2.383 yang berarti total ia merugikan negara sekitar 1,3 TRILIUN ! Bila Kamu kalikan kurs yang 2016 ini, maka totalnya hampir 6 TRILIUN ! Tak ayal Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pun menjatuhkan hukuman pidana penjara selama 20 tahun, ditambah dengan denda Rp. 30 juta, uang pengganti Rp. 500 miliar, dan tentunya mengganti kerugian negara sebesar Rp. 1,3 triliun.

Tapi pada tanggal 04 Mei 1996 ia berhasil kabur dari penjara, dan menghilang begitu saja. Tim antikorupsi Indonesia sempat mencari Edy yang sudah berstatus buron, namun tak kunjung dapat dan Sampai tahun 2016 ini terhitung bahwa Edy sudah 20 tahun menghilang ! Terakhir diketahui bahwa Edy menetap di negara China dan menggunakan nama samaran, pihak Indonesia sendiri sedang berusaha melakukan kerjasama dengan China untuk membawa pulang Edy. Wow, kecolongan selama 20 TAHUN ! Kog bisa ya ?

2. KASUS MANTAN PRESIDEN SOEHARTO. (TIDAK DAPAT DITAKSIR KARENA TERLALU BESAR JUMLAHNYA ! GILA BANGET DAH !)

Pak Soeharto merupakan Presiden yang dikenal dengan bapak "Pembangunan" oleh sebagian orang saja. Memang benar dibawah kepresidenan Soeharto yang mencapai 32 tahun ini di sektor pembangunan Indonesia meningkat, namun bagaimana dengan kebutuhan rakyatnya ? tak meningkat !

Melalui 7 buah yayasan yang diketuainya, yakni : 

-Yayasan Dana Sejahtera Mandiri
-Yayasan Supersemar
-Yayasan Dharma Bhakti Sosial (Dharmais)
-Yayasan Dana Abadi Karya Bhakti (Dakab)
-Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila
-Yayasan Dana Gotong Royong Kemanusiaan
-Yayasan Trikora.

Soeharto menetapkan keputusan Presiden Nomor 90 Tahun 1995, dimana yang menghimbau para pengusaha untuk menyumbang 2 persen dari keuntungannya untuk Yayasan Dana Mandiri. Menang banyak dah ! Hasil penyidikan kasus tujuh yayasan Soeharto menghasilkan berkas setebal 2.000-an halaman. Berkas ini berisi hasil pemeriksaan 134 saksi fakta dan 9 saksi ahli, berikut ratusan dokumen otentik hasil penyitaan dua tim yang pernah dibentuk Kejaksaan Agung.

Majalah TIME ASIA EDISI 14 Mei 1999 juga turut mengekuarkan artikel mengenai kekayaan mantan orang nomor satu di Indonesia itu dengan Judul "Soeharto Inc. How Indonesia's Longtime Boss Built a Family Fortune" (Perusahaan Soeharto, Bagaimana Cara Boss Indonesia Membangun Kekayaan Keluarga). Dimana majalah itu berisikan statement bahwa total jumlah korupsi pak Soeharto sebesar Rp. 150 Triliun.


Poin paling penting di kasus ini adalah adalah 4 Presiden yang menjabat setelah Soeharto dan 8 Jaksa Agung gagal buktikan korupsi yang dilakukan oleh Pak Soeharto ! Siapa yang hebat dan siapa yang bodoh ? saya juga tidak tau, atau siapa yang menutup mata ? Silakan Kamu nilai sendiri deh.

3. KASUS SUBSIDI BBM. (TOTAL KORUPSI Rp. 50-70 TRILIUN PERTAHUN)

Kasus ini terjadi pada tahun 2010 lalu, ya tepatnya di masa kepresidenan bapak Presiden yang memiliki 4 album lagu yakni pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Akibatnya pada tahun tersebut kelangkaan BBM pun terjadi di Indonesia.


4. KASUS  Korupsi HPH dan DANA REBOISASI. (TOTAL KORUPSI Rp. 20 TRILIUN)

Hasil audit Ernst & Young pada 31 Juli 2000 tentang penggunaan dana reboisasi mengungkapkan ada 51 kasus korupsi dengan kerugian negara Rp 15 triliun (versi Masyarakat Transparansi Indonesia). Yang terlibat dalam kasus tersebut, antara lain, Bob Hasan, Prajogo Pangestu, sejumlah pejabat Departemen Kehutanan, dan Tommy Soeharto.

Bob Hasan telah divonis enam tahun penjaradi LP Nusakambangan, Jawa Tengah. Prajogo Pangestu diseret sebagai tersangka kasus korupsi dana reboisasi proyek hutan tanaman industri (HTI) PT Musi Hutan Persada, yang diduga merugikan negara Rp 331 miliar. Dalam pemeriksaan, Prajogo, yang dikenal dekat dengan bekas presiden Soeharto, membantah keras tuduhan korupsi. Sampai sekarang nasib kasus ini tak jelas kelanjutannya.

5. KASUS BANK CENTURY. (TOTAL KORUPSI U$D 670 JUTA).

Kasus Bank Century sangat misterius karena konon melibatkan sederet nama elit politik diantaranya wapres Budiono dan Mantan menteri keuangan Sri Mulyani.

Bila Kamu ingin menambahkan silakahkan komentar dibawah ya, terima kasih sudah membaca artikel 5 Korupsi Terbesar Di Sepanjang Sejarah Indonesia.

Sumber : Google | Wikipedia | Kaskus

Related Posts:

1 Response to "5 Korupsi Terbesar Di Sepanjang Sejarah Indonesia"